Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap

Pembahasan kali ini adalah tentang definisi dan pengertian pidato, macam-macam metode pidato, contoh pidato pendidikan, pidato bahasa Indonesia singkat dan contoh teks pidato bahasa Indonesia.

Pengertian Pidato

Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. (KBBI)

Macam-macam Metode Pidato

Ada beberapa teknik atau metode berpidato, di antaranya:

1. metode serta merta, yaitu berpidato secara mendadak, berdasarkan kebutuhan atau permintaan, sehingga tidak ada persiapan yang memadai.

2. metode menghapal, yaitu berpidato dengan mempersiapkan teks terlebih dahulu, kemudian menghapalkan teks atau poin-poin yang akan disampaikan tersebut.

3. metode naskah, yaitu berpidato dengan cara membaca naskah yang terlebih dahulu telah ditulis, dan dirancang khusus untuk pidato tersebut.

4. metode ekstemporan, yaitu berpidato dengan cara menuliskan pokok-pokok pikiran atau atau poin-poin penting yang akan disampaikan dalam secarik kertas sehingga dapat dilihat saat berpidato.

Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap
Gambar: Contoh Pidato Naskah

Metode yang manakah yang hendak kalian pilih? Sesuaikanlah dengan situasi dan kemampuan kalian. Nah, pada saat berpidato, kalian juga harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. kejelasan atau kelantangan suara,

2. intonasi

3. mimik wajah, pandangan mata, dan gerak tubuh

4. keruntutan isi pidato

Silahkan Baca: Contoh Naskah Pidato Singkat dan Sistematika pembuatan naskah Pidato

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap"

Post a Comment