Pengertian dan Contoh Surat Pembaca di Koran serta Cara Membuatnya

Pembahasan kali ini adalah tentang definisi dan pengertian surat pembaca, contoh surat pembaca di korang, contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah, cara menulis surat pembaca dan cara membuat surat pembaca.

Pernahkah kalian membaca salah satu rubrik surat kabar atau majalah yang disebut dengan surat pembaca? Kalau sudah pernah, tentu kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan surat pembaca.

Pengertian surat pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. (www.berpendidikan.com)

Ya…surat pembaca adalah surat yang dimuat oleh surat kabar atau majalah. Surat pembaca tersebut dikirim oleh para pembaca. Biasanya surat pembaca berisi:

a. pengaduan atau keluhan seseorang atau warga masyarakat terhadap pelayanan publik suatu lembaga atau perusahaan

b. pengaduan atau keluhan mengenai masalah lingkungan

c. ajakan atau seruan untuk melakukan sesuatu, misalnya untuk berhati-hati terhadap penipuan lewat internet.

d. Permintaan penjelasan atau klarifikasi dari pihak-pihak tertentu

e. Penjelasan atau klarifikasi dari pihak-pihak tertentu yang sebelumnya diminta penjelasan dalam surat pembaca media yang sama.

Cara Membuat Surat Pembaca

Surat pembaca tidak berbentuk seperti surat-surat yang biasa, dalam surat pembaca tidak ada bagian titimangsa, tujuan surat, alamat surat, dan salam pembuka maupun salam penutup.

Dalam surat pembaca hanya dicantumkan isi dan maksud surat tersebut, serta identitas pembuat surat yang dicantumkan lengkap dengan alamatnya.

Contoh Sura Pembaca di Koran

Berikut disajikan contoh surat pembaca yang dimuat di Koran Tempo. 28 Desember 2007.

Banjir Lagi, Sampai Kapan?
Pengertian dan Contoh Surat Pembaca di Koran serta Cara Membuatnya
Jakarta Banjir Lagi, Dimana Janjimu?
Musim hujan datang, warga di seluruh Indonesia, khususnya di Jakarta sibuk membenahi barang-barang mereka. Seperti sudah menjadi rutinitas, setiap tahun Jakarta selalu dilanda musibah banjir. Seperti tahun ini, banjir sudah melanda beberapa wilayah. Salah satunya banjir air pasang di Muara Baru, Jakarta Utara, yang ketinggiannya terus bertambah dari hari ke hari.

Selain itu, masalah lainnya datang. Korban banjir mulai banyak yang terserang penyakit gatal-gatal dan diare, terutama anak balita. Bantuan yang diharapkan datang dari pemerintah puntak kunjung datang. 

Korban banjir ini hanya bisa nrimo keadaan tersebut sambil mengelus dada. Pemerintah telah berjanji menyelesaikan banjir ini dari tahun ke tahun, tapi tak kunjung selesai. Pemasangan tanggul-tanggul hanyalah solusi yang bersifat sementara, karena tidak memberikan bukti bahwa banjir tidak akan datang lagi. Lalu, sampai kapan banjir ini akan terus datang?

Sebenarnya masalah banjir ini harus diselesaikan dari akar permasalahannya. Banjir terjadi akibat ulah tangan manusia sendiri yang tidak mau menjaga kebersihan lingkungan., terutama kebersihan sungai-sungai. 

Padahal, agama mengajarkan agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan., termasuk kebersihan sungai. Selain itu, agama senantiasa mengajarkan agar menjaga lingkungan dan alam semesta ini.

Di samping itu, pemerintah seharusnya segera menyelesaikan permasalahan umat ini. Tidak sekedar memberikanjanji yang tak pasti. Sudah seharusnya masyarakat beserta pemerintah sadar dan bangkit untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan banjir ini agar banjir tidak datang lagi.

Niken Ruskenti
Babakan, Bogor Utara

0 Response to "Pengertian dan Contoh Surat Pembaca di Koran serta Cara Membuatnya"

Post a Comment