Panduan Langkah-langkah Cara Menulis atau Membuat Cerpen Menarik untuk Pemula

Pembahasan kali ini adalah tentang cara menulis cerpen, cara membuat cerpen, langkah-langkah menulis cerpen, langkah-langkah membuat cerpen, tips menulis cerpen, kerangka cerpen, cara bikin cerpen, cara membuat cerita pendek, cara membuat cerpen untuk pemula dan lomba menulis cerpen.

Banyak buku yang merekomendasikan bagaimana cara menulis cerpen. Beragam teknik menulis cerpen ditawarkan. Namun, pada akhirnya, kembali pada bagaimana cara kita memulainya.

Menulis cerpen dapat dilakukan siapa pun, tidak terkecuali kalian. Menulis cerpen tidak membutuhkan bakat, karena bakat dapat dilihat setelah ada karya dan bukti nyata.

Kunci menulis cerpen adalah memulainya. Seperti apa pun tulisanmu, tanamkanlah kebanggaan pada karyamu.

Namun, sebagai bahan perbandingan, beberapa tips ini dapat kalian coba:

(a) sering-seringlah membaca cerpen yang berkualitas. Cerpen-cerpen sejenis ini dapat kamu temukan di koran atau media massa yang terkenal kredibilitasnya. Selain itu, cerpen berkualitas pun dapat diketahui dari pengarangnya.

(b) Perhatikan bagaimana para pengarang cerpen berkualitas itu mengembangkan idenya, tokoh-tokohnya, dialog dalam cerita, serta alur cerita.
Panduan Langkah-langkah Cara Menulis atau Membuat Cerpen Menarik untuk Pemula
Menulis Cerpen
(c) Mulailah menulis dari hal terdekat yang kamu rasakan, alami, atau ketahui. Pilihlah tokoh yang terdekat denganmu, misalnya dirimu sendiri, teman terdekatmu, atau keluargamu.

(d) Peristiwa yang akan menjadi latar konflik bisa merupakan peristiwa yang kalian alami sendiri.

(e) Segera tuliskan idemu seadanya saat ini juga, jangan ditunda-tunda. Tuliskanlah ide tidak beraturan itu sesuai keinginanmu. Suatu hari setelah idemu terkumpul rapikanlah, buatlah menjadi cerita yang utuh.

0 Response to "Panduan Langkah-langkah Cara Menulis atau Membuat Cerpen Menarik untuk Pemula"

Post a Comment