Negara Maju Amerika Serikat : Letak Geografis, Letak Astronomis, Keadaan Alam Dan Batas Wilayah Serta Jumlah Penduduk Negara Amerika Serikat

Pada pembahasan kali ini akan dibahas jumlah penduduk amerika, letak geografis amerika serikat, batas wilayah amerika serikat, keadaan alam amerika serikat, jumlah penduduk negara amerika serikat, mata uang negara amerika serikat, perekonomian negara amerika serikat.

Negara Maju Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara yang sangat terkenal. Kepopuleran negara ini meliputi berbagai bidang, mulai dari gedung-gedung pencakar langit, industri perfilman dengan “Hollywood”-nya, teknologi, sastra, dan sebagainya.

Negara ini dikenal sebagai negara super power. Apalagi setelah Uni Soviet hancur, Amerika Serikat seolah-olah menjadi “penguasa tunggal” di jagad ini. Negeri ini juga dikenal dengan sebutan “Negeri Paman Sam”.

Profil Singkat

Nama Negara              : United States of America (USA)
Luas Wilayah              : 9.372.610 km2
Bentuk Pemerintahan  : Republik Federal
Kepala Negara            : Presiden
Kepala Pemerintahan  : Presiden
Ibukota                        : Washington DC
Merdeka                      : 4 Juli 1776
Lagu Kebangsaan       : The Star Spangled Banner (Panji-panji yang bertaburan bintang)
Bahasa                        : Inggris
Agama Mayoritas       : Protestan 56%, Katolik Roma 28%, Yahudi 2%, lain-lain 4%, ateis 10%.
Jumlah Penduduk       : 291.500.000 jiwa (tahun 2003)
Mata Uang                 : Dollar (US$)

a. Keadaan Alam

Secara Atronomis Amerika Serikat terletak di antara 24°LU - 49°LU dan 30°BB - 66 12 °BB. Secara geografis Amerika Serikat terletak di kawasan Amerika Utara bersama dengan negara Kanada, yang juga merupakan negara maju di dunia. Wilayah Amerika Serikat terpisah menjadi tiga bagian, yaitu daratan Amerika Serikat, Alaska, dan Hawai.

Berikut ini batas-batas wilayah daratan Amerika Serikat.

1) Sebelah Utara     : Kanada

2) Sebelah Barat    : Samudra Pasifik

3) Sebelah Selatan : Meksiko dan Teluk Meksiko

4) Sebelah Timur   : Samudra Atlantik

Negara Maju Amerika Serikat : Letak Geografis, Letak Astronomis, Keadaan Alam Dan Batas Wilayah Serta Jumlah Penduduk Negara Amerika Serikat
peta amerika serikat

Secara astronomis, Amerika Serikat memiliki iklim subtropis di bagian Selatan, iklim sedang di bagian tengah, dan iklim dingin di bagian Utara. Secara fisis, iklim Amerika Serikat dapat dibedakan sebagai berikut.

1) Karena wilayah daratannya yang sangat luas, maka Amerika Serikat memiliki iklim kontinental (iklim darat), terutama di bagian tengah. Akibat dari iklim ini, beberapa wilayah Amerika Serikat bersifat kering, misalnya di Dataran Tinggi Kolorado dan Great Basin, serta central basin. Di tempat tertentu bahkan beriklim gurun, misalnya di Gurun Mojave.

2) Wilayah pantai Barat, di sepanjang jalur pantai Lautan Pasifik, dan wilayah sepanjang pantai Timur di Pantai Atlantik beriklim laut.

3) Daerah bagian Selatan dan tengah California beriklim mediteran, dimana hujan jatuh pada musim dingin.

Keadaan alam daratan Amerika Serikat dari Barat ke Timur bisa dibagi menjadi lima bagian.

1) Dataran pantai Barat, yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik, merupakan wilayah pantai yang sempit.

2) Di sebelah Timur dataran pantai Barat membentang kompleks Pegunungan Rocky yang cukup tinggi, sehingga menghalangi pergerakan angin dari Samudra Pasifik.

3) Di sebelah Timur kompleks Pegunungan Rocky merupakan daerah dataran yang cukup luas, yaitu daerah central plain dan great plain. Di wilayah ini mengalir sungai utama, yaitu Sungai Mississippi.

4) Di bagian Timur wilayahnya berupa Pegunungan Alleghany dan Appalachia yang relatif rendah.

5) Di ujung Timur wilayahnya berupa Dataran Pantai Atlantik yang relatif subur. Daerah ini merupakan wilayah yang padat penduduk. Kota-kota tua awal kemunculannya juga dimulai dari wilayah ini.

b. Penduduk

Amerika Serikat merupakan negara dengan keadaan penduduk yang amat heterogen. Hampir semua bangsa dengan semua kepercayaannya ada di negeri ini.

 Oleh karena itu pertumbuhan penduduk Amerika Serikat tidak hanya disebabkan faktor kelahiran dan kematian saja, tetapi pengaruh para imigran juga sangat memengaruhi pertumbuhan penduduknya.

 Amerika Serikat adalah negara dengan jumlah penduduk sekitar 291.500.000 jiwa pada tahun 2003, menempati peringkat ketiga diantara negara-negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Meskipun demikian standar kesejahteraan penduduknya sangat tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari pendapatan perkapita penduduknya yang mencapai 34.280 dolar Amerika Serikat. Wilayah Timur Amerika Serikat ratarata memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagianbagian wilayah lainnya.

Penduduk asli Amerika Serikat adalah Indian. Selain itu juga terdapat penduduk kulit putih, negro, maupun etnis-etnis lainnya. Di Alaska penduduk aslinya adalah bangsa Eskimo, Indian, dan Alleut,

c. Perekonomian

Amerika Serikat dapat dikatakan sebagai raksasa ekonomi dunia. Semua sektor perekonomian dapat dikembangkan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena selain kaya akan sumber daya alam, Amerika Serikat juga memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

 Bahan-bahan tambang untuk kepentingan industri hampir semua terdapat di Amerika Serikat dengan jumlah yang cukup banyak. Bahan-bahan tambang tersebut antara lain tembaga, batu bara, uranium, timah hitam, fosfat, minyak bumi, gas alam, bijih besi, seng, emas, bauksit, dan lain-lain.

Tetapi meskipun demikian, Amerika Serikat tetap saja masih mengimpor bahan-bahan tambang, mengingat kebutuhan bahan tambang untuk industri juga cukup besar. Di sektor perindustrian, hampir semua jenis industri dikembangkan.

 Berikut ini beberapa industri di Amerika Serikat.

1) Industri besi baja, di Pittsburg, Chicago, Youngstown, Detroit, Toledo, Cleveland, Erie, Buffalo, Wheeling, dan Gary.

2) Industri tembaga di Montana.

3) Industri tekstil di Boston dan New York.

4) Industri minyak bumi, di Texas dan Oklahoma.

5) Industri mesin pertanian di Waterivo (Iowa)

6) Industri film di Hollywood, Los Angeles.

7) Industri tepung di Chicago, St. Paul, Minneapolis, dan New York.

8) Industri pengalengan daging di Chicago.

Di sektor perdagangan, Amerika Serikat menjalin kerja sama dengan berbagai negara. Barang-barang yang diimpor terutama adalah bahan-bahan baku (bahan mentah) untuk industri serta bahan-bahan tambang.

Sedangkan ekspornya antara lain berupa mesin-mesin, mobil, alat-alat elektronik, pesawat terbang, kapal, senjata, bahan-bahan kimia, obat-obatan, makanan dan minuman kaleng, dan seba-gainya.

Merek-merek dagang dunia banyak yang diidentikkan dengan Amerika Serikat, misalnya Mc Donald, Kentucky Fried Chicken, California Fried Chicken, Microsoft, Coca cola, dan sebagainya.

Pariwisata juga menjadi primadona perekonomian. Objek-objek wisata banyak ditemukan di Amerika Serikat antara lain: Grand Canyon Colorado di Arizona, Yellowstone National Park yang terkenal karena geysernya, pemandangan-pemandangan alam di Jazirah Florida dan Jazirah California, Yosemite National Park dengan air terjun dan kayu raksasa (kayu mammout), Golden Gate Bridge di San Francisco, objek-objek alamiah di Kepulauan Hawai, dan sebagainya.

Meskipun Amerika Serikat tergolong negara maju, tetapi sektor pertanian masih dikembangkan secara optimal dengan sistem ekstensifikasi, mekanisasi, dan monokultur.

Satu jenis tanaman budidaya dikembangkan khusus di areal yang sangat luas, yang dikenal beberapa istilah seperti berikut ini.

1) Wheat belt, yaitu kawasan penanaman gandum yang dikembangkan antara lain di Dataran Mississippi, Kansas, Oklahoma, Missouri, dan Kentucky.

2) Corn belt, yaitu kawasan penanaman jagung, antara lain dikembangkan di sekitar Sungai Ohio, Dakota, Minnesota, dan Iowa.

3) Cotton belt, yaitu kawasan penanaman kapas, antara lain dikembangkan di sekitar Teluk Meksiko, terutama di negara bagian Texas, Arizona, dan Carolina Selatan.

4) Tobacco belt, yaitu kawasan penanaman tembakau, antara lain dikembangkan di Virginia, Kentucky, dan Kalifornia

0 Response to "Negara Maju Amerika Serikat : Letak Geografis, Letak Astronomis, Keadaan Alam Dan Batas Wilayah Serta Jumlah Penduduk Negara Amerika Serikat"

Post a Comment