Manfaat Internet bagi Pelajar dan Dunia pendidikan

Internet yang kini sudah memasyarakat itu memberikan beberapa manfaat kepada masyarakat yang bisa memnggunakannya dengan baik. Asalkan tidak disalah-gunakan, internet dapat bermanfaat bagi kehidupan dan pendidikan.

Beberapa manfaat internet tersebut di antaranya adalah sebagai berikut

1 . Penyebaran materi dari pusat ke daerah

Kita semua tahu bahwa untuk distribusi materi cetak dari pusat ke daerah sangatlah memakan waktu dan biaya. Proses printing tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit demikian pula waktu untuk memelakukannya. Selanjutnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikannya sampai ke pelosok-pelosok diseluruh nusantara.

Distribusi ini tentunya tidak hanya akan memamakan waktu dalam hitungan hari tapi juga minggu atau bahkan bulan mengingat topografi wilayah indonesia yang sangat luas serta banyak bukit dan lembah, di samping juga sarana transportasi yang masih jauh dari sempurna.

Rumit memang tapi bukan tidak mungkin hal itu bisa dipecahkan. Sebagai bahan pertimbangan mungkin dengan memanfaatkan teknologi informasi semua itu bisa dilaksanakan dengan seefisien mungkin.

2 . Sarana komunikasi

Manfaat Internet bagi Pelajar dan Dunia pendidikan
Manfaat Belajar Internet
Komunikasi tertulis secara elektronik memang belum lazim dilakukan di negara kita seperti misalnya dengan e-mail. Fasilitas yang satu ini memang sangatlah efektif dan efisien untuk keperluan kita sehari-hari, khususnya untuk keperluan penyampaian informasi.

Dengan memanfaatkan komunikasi dengan electronic mail ini, tentunya pesan atau informasi yang berbentuk tulisan, gambar dan suara dapat tersampaikan ke penerima hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Bandingkan dengan surat konvesional yang tentunya akan memakan waktu berhari-hari.

3 . Sebagai forum diskusi

Dengan Teknologi Internet ini forum-forum resmi maupun tidak resmi seperti sarasehan, seminar dan rapat bisa digelar secara online. Terlebih lagi untuk keperluan itu pun pihak-pihak yang terkait dengan keperluan tersebut tak lagi harus menempuh jarak yang tentunya akan memakan waktu dan cost yang cukup besar.

4 . Sebagai Sarana research disekolah

Research atau riset bukanlah jadi masalah dengan adanya Internet disekolah. Seorang siswa bukan tidak mungkin akan lebih tahu banyak dari pada gurunya. Karena semua informasi tersedia di Internet.

Imajinasi, minat dan bakatlah yang akan membatasi seorang siswa dengan akses internet untuk terus melakukan riset.kegiatan pencarian data di perpustakaan kadang-kadang membosankan. Namun dnegan adanya internet kita tinggal searching, browsing, dan download saja, hanya beberapa kali klik saja, data yang kita perlukan sudah dapat terkumpul.

Kegiatan mengumpulkan informasi ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai siswa siswa SD yang mencari informasi tentang boneka Barbie kesayangan mereka atapun mencari kode-kode cheat dari game kesayangan mereka pun menjadi sebuah kebiasaan riset yang akan membekas dan membentuk karakter mereka dalam melangkah ke masa depan.

Dikutip dengan perubahan seperlunya dari www.masyaifudin.wordpress.com

0 Response to "Manfaat Internet bagi Pelajar dan Dunia pendidikan"

Post a Comment