Cara Menentukan Tema dan Latar Cerpen

Cara Menentukan Tema Cerpan

Kini, banyak sekali teman-teman seusiamu yang rajin mengirimkan karya tulis mereka ke majalah-majalah remaja. Mungkin kalian salah satu di antaranya. Karya tulis itu dapat berbentuk cerpen atau cerita pendek. Ada majalah remaja yang menampilkan rubrik cerpen di hampir seluruh halamannya. Tentu saja, ini merangsang kreativitasmu untuk berkarya, bukan?

Nah, jika cerpen-cerpen itu kalian bukukan, disebutlah buku itu buku kumpulan cerpen atau antologi cerpen. Jika kalian pergi ke toko buku, kalian akan menemui buku-buku kumpulan cerpen. Dalam satu buku tersebut setiap babnya berisi cerita pendek. Penulisnya bisa seorang pengarang, atau beberapa orang pengarang.

Nah, sekarang kita akan berburu buku kumpulan cerpen. Apakah kalian sudah memilikinya? Bagi yang belum memilikinya, kalian bisa mengunjungi perpustakaan atau toko buku. Pilihlah buku kumpulan cerpen remaja, sesuai usiamu.
Cara Menentukan Tema dan Latar Cerpen
Cerpen
Di atas ada contoh buku kumpulan cerpen remaja. Buku ini berjudul “Luka Telah Menyapa Cinta”.

Perhatikan sampul buku ini, terdapat beberapa orang penulis yang menulis cerpen dengan tema beragam. Judul buku ini diambil dari judul cerpen yang ditulis salah satu pengarang.

Nah, sebetulnya, cerita yang ditulis oleh pengarang cerpen tadi, memiliki inti masalah yang hendak disampaikan kepada pembaca. Inti permasalahan dalam sebuah cerita biasa disebut tema.

Cara Menentukan Latar Cerpen

Dalam sebuah cerita, selain pasti memiliki tema cerita, juga memiliki latar cerita. Latar atau setting merupakan identitas cerita narasi. Tanpa adanya latar maka tulisan tersebut tidak bersifat naratif. Cerpen merupakan salah satu jenis cerita yang pasti bersifat naratif.

Latar sebuah cerita bisa berupa latar tempat dan latar waktu. Permukiman, rumah sakit, sekolah, pasar, tepi pantai, merupakan contoh latar tempat. Sedangkan latar waktu merupakan penunjuk kapan cerita itu terjadi, pada pagi hari, tahun 1966, bulan Februari, ketika hujan turun, dll.

Contoh Penggalan Cerpen "Luka Telah Menyapa Cinta"

Sebagai contoh, bacalah penggalan cerpen berikut!
Sepulang kemping di Curug Bambrang, Lana mengejang, tubuhnya panas dingin. Beberapa orang berseragam dan bertopi putih mendorong tempat tidurnya ke sebuah ruangan. Trang! Tiba-tiba ruangan serba putih itu sangat terang.
Lana silau. Ia menutup matanya yang sipit. Seorang lelaki yang juga berseragam putih menatapnya sambil tersenyum sambil berkata, “Tenang, dik, kami akan mengurangi rasa sakitmu”. Jess! Lelaki itu menusukkan sebatang jarum kecil ke lengan Lana. Seketika Lana terkulai lemas. Obat bius itu bereaksi cepat.
Nah, kira-kira, kapan dan di mana latar cerita di atas terjadi? Ya benar, secara langsung kalian dapat menentukan latar waktu cerita tadi, yaitu sepulang kemping di Curug Bambrang.

Lalu di mana latar tempat cerita itu? Dari keterangan “Beberapa orang berseragam dan bertopi putih”, “Ruangan serba putih”, “lelaki yang juga berseragam putih”, dan kalimat yang diucapkan lelaki tadi serta identitas istilah “obat bius” maka kalian dapat menyimpulkan bahwa latar tempat cerpen di atas adalah rumah sakit.

0 Response to "Cara Menentukan Tema dan Latar Cerpen"

Post a Comment