Kronologi Perang Dunia 2: Latar Belakang, Sejarah, Sebab Umum, Sebab Khusus, Dan Negara-Negara Yang Terlibat Perang Dunia 2

Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang perang dunia 2, sejarah perang dunia 2, sebab umum perang dunia 2, sebab khusus perang dunia 2, negara yang telibat perang dunia 2, kronologi perang dunia 2, perang dunia kedua, perang dunia ke 2, pd 2, jalannya perang dunia 2.

Perang Dunia II

Timbulnya Perang Dunia II pada dasarnya berkaitan erat dengan Perang Dunia I. Perang Dunia membawa akibat yang sangat merugikan bagi semua negara, baik yang terlibat perang maupun tidak.

Semua negara mengalami krisis ekonomi dan politik. Dalam kondisi perekonomian yang terpuruk, mereka segera sadar dan bangkit dengan menerapkan cara diktator serta menganut paham ultranasionalisme, yaitu paham nasionalisme yang diterapkan secara berlebihan.

Negara tersebut yaitu Jerman dengan Libensraum, Italia dengan Italia Irredenta, dan Jepang dengan Hakko I Chiu. Mereka mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan apapun, sehingga mereka merasa berhak untuk menguasai negara dan bangsa lain demi meningkatkan kesejahteraan negaranya.

Sebab-Sebab Perang Dunia II

Perang Dunia II terjadi pada tahun 1939 - 1945, sebagai lanjutan dari Perang Dunia I. Perang ini jauh lebih mengerikan dibandingkan dengan Perang Dunia I.

 Perang Dunia II wilayahnya jauh lebih luas, hampir semua negara terlibat dalam perang besar ini. Meletusnya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebab-sebab umum dan sebab sebab khusus.

Perang Dunia II : Latar Belakang, Sejarah, Sebab Umum, Sebab Khusus, Dan Negara-Negara Yang Terlibat Perang Dunia II
Kronologi Perang Dunia 2

a. Sebab-Sebab Umum

Berikut ini adalah sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II.

1) Adanya politik Revanche of Idea Jerman, yaitu politik balas dendam atas kekalahan pada Perang Dunia I.

2) Politik mencari kawan yang menimbulkan blok-blok antar negara.

3) Adanya perlombaan senjata antarnegara untuk memperkuat diri.

4) Timbulnya paham yang saling bertentangan, yaitu paham fasis, liberalis, dan komunis.

5) Timbulnya perluasan wilayah (ekspansi) di bidang ekonomi, Libensraum (Jerman), Irredenta (Italia), dan Hakko I Chiu (Jepang).

6) Kegagalan LBB dalam usaha menciptakan perdamaian dunia.

b. Sebab-Sebab Khusus

Sebab khusus Perang Dunia II adalah serangan Jerman terhadap Kota Danzig (sekarang bernama Gdanks) yang terletak di negara Polandia, di tepi Laut Baltik.

Serangan Jerman terhadap kota Danzig dilakukan pada tanggal 1 September 1939 yang menggunakan taktik serangan kilat (blitzkrieg) dan kendaraan lapis baja dengan pengeboman yang efektif.

Polandia tidak tinggal diam, sehingga pecahlah perang antara Jerman melawan Polandia. Pada tanggal 3 September 1939 Prancis dan Inggris membela Polandia dengan mengumumkan perang
kepada Jerman, sehingga perang pun cepat menjalar di kawasan Eropa.

Sementara itu, pada tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerang Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai dengan tujuan keinginan Jepang untuk menguasai Asia.

Pada tanggal 11 Desember 1941 Jerman dan Italia yang merupakan sekutu Jepang mengumumkan perang kepada Amerika Serikat

 Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Perang Dunia II

Berikut ini negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II.

a. Blok Sentral, yaitu Jerman, Italia, Jepang, Austria, Rumania, dan Finlandia.

b. Blok Sekutu, yaitu Inggris, Prancis, Rusia, Amerika Serikat, RRC, Austria, Polandia, dan beberapa negara kecil lainnya.

Dalam Perang Dunia II terdapat beberapa medan pertempuran berikut ini.

a. Medan Pertempuran Eropa Barat

Medan pertempuran Eropa Barat dimulai dengan serangan kilat Jerman menyerbu Denmark, Norwegia, Belgia, Belanda, dan Luxemburg. Jerman terus melanjutkan serbuan ke Prancis dan berhasil menguasai setengah daerah Prancis.

Namun usaha untuk menyerbu Inggris gagal, karena pertahanan Inggris di bawah Perdana Menteri Winston Churchil lebih unggul.

b. Medan Pertempuran Eropa Timur

Medan ini dimulai dari serangan Jerman ke Polandia hingga mendudukinya, kemudian ke Rumania, Hongaria, Bulgaria, dan Yugoslavia ditarik ke dalam Blok Jerman.

Namun, Yugoslavia di bawah Joseph Bros Tito mengadakan perlawanan gerilya yang menyulitkan kedudukan Jerman. Perhatian Jerman kemudian beralih ke Rusia tanpa menghiraukan perjanjian perdamaian yang telah disepakati bersama. Tetapi dengan bantuan senjata dari AS, akhirnya Rusia lebih unggul dan dapat mendesak Jerman.

c. Medan Pertempuran Eropa Selatan Sampai Afrika Utara

Medan pertempuran Eropa Selatan - Afrika Utara dimulai dari serangan dari Blok Sentral yang ingin menguasai Mesir. Namun serangan itu dapat digagalkan oleh pasukan Inggris dan Italia berhasil dikalahkan. Kekalahan Italia ini dipercepat dengan mendaratnya tentara AS di Maroko.

d. Medan Pertempuran Asia Sampai Afrika

Bergabungnya Jepang dalam blok Sentral ditandai dengan penandatanganan Pakta Tiga Negara yaitu Jepang, Italia, dan Jerman pada tanggal 27 September 1940 yang disebut As Roberto (Roma - Berlin - Tokyo). Isi Pakta tersebut adalah janji untuk saling membantu dengan sarana politik, ekonomi, dan militer antartiga negara tersebut.

Setelah berhasil bergabung dengan Poros Italia – Jerman, Jepang mulai nmelakukan aksinya di Asia Tenggara dan Pasifik Barat Daya. Penyerbuan Jepang dimulai dengan melakukan serangan udara atas pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawaii) pada hari Minggu, 7 Desember 1941.

Mengapa Jepang melakukan serangan ke Pearl Harbour? Menurut perhitungan Jepang, serbuan itu dimaksudkan untuk menghancurkan sebagian dari kekuatan militer Amerika Serikat.

Karena bila tidak dihancurkan terlebih dahulu, Jepang khawatir Amerika Serikat akan dapat menyerang Jepang sewaktu-waktu karena tindakan ekspansinya ke negara lain. Serangan yang dilakukan oleh Jepang secara tiba-tiba tersebut sangat dahsyat.

Serangan tersebut menyebabkan kelumpuhan sementara bagi Amerika Serikat. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Jepang untuk melakukan penyerangan ke Filipina, Malaysia, Singapura, Birma, Indonesia, Kepulauan Kuril, Kepulauan Mariana, Kepulauan Solomon, Laut Koral, Irian Utara, dan Kawasan Pasifik.

Latar belakang penyerangan Jepang atas Asia Pasifik adalah untuk mendapatkan sumber daya alam sebagai bahan perbekalan perang dan bahan baku industri Jepang. Sejak penyerangan di Pearl Harbour, Jepang seakan-akan tidak dapat terkalahkan. Untuk menghadapi Jepang di Asia Tenggara, Sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Mac Arthur mulai menyusun kekuatan.

Dalam menyusun kekuatan tersebut, Sekutu bergabung dalam ABDACOM (American British Dutch Australian Command) dan menggabungkan diri ke dalam Front ABCD (American British China Dutch).

Pada tahun 1943 keadaan mulai berbalik. Pasukan Sekutu di bawah pimpinan Jenderal Mac. Arthur dapat memukul mundur pasukan Jepang. Jepang makin terdesak ketika dua kota di Jepang di bom atom oleh Sekutu. Kedua kota tersebut adalah Hiroshima (tanggal 6 Agustus 1945) dan Nagasaki (tanggal 9 Agustus 1945), sehingga pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada Sekutu.

0 Response to "Kronologi Perang Dunia 2: Latar Belakang, Sejarah, Sebab Umum, Sebab Khusus, Dan Negara-Negara Yang Terlibat Perang Dunia 2"

Post a Comment